Gotong Royong Masyarakat Aban Sebaruk

oleh -118 views

Komunitas masyarakat adat iban Sebaruk hingga kini masih mempraktikkan hidup bergotong royong.

Kebiasaan ini rutin dilakukan jika terdapat gawai atau pekerjaan yang harus dilakukan oleh orang banyak. Berikut video kiriman jurnalis warga.

Saudara ini adalah video kiriman jurnalis warga terkait gotong royong yang di lakukan komunitas masyarakat adat iban sebaruk di desa melenggang Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.

Hal tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari mereka seperti yang terlihat dalam video ini merupakan kehidupan gotong royong masyarakat pada saat mempersiapkan gawai sandung beberapa waktu lalu tepatnya di Kampung Sungai Sepan Desa Malenggang Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Masyarakat yang secara swadaya mempersiapkan gawai sandung ini berbagi peran baik kaum perempuan maupun kaum laki-laki.

Dari anak-anak hingga orangtua semua terlibat dalam mempersiapkan acara gawai tersebut. Kegiatan gotong royong ini merupakan praktek hidup yang sudah ada sejak zaman dahulu bahkan hampir semua aspek kehidupan masyarakat iban sebaruk bekerja secara bersama-sama seperti kehidupan bercocok tanam dan kegiatan-kegiatan adat lainnya tidak lepas dari gotong royong.

Persiapan gawai sandung dimulai dari menyiapkan panganan yang dilakukan kaum perempuan dengan menumbuk beras untuk dijadikan tepung yang selanjutnya akan menjadi berbagai makanan khas iban sebaruk kaum laki-laki mempersiapkan tempat penyambutan tamu yang hadir tempat ritual adat memotong babi dan berbagai persiapan ritual adat lainnya.

Semua persiapan dilakukan beberapa hari sebelumnya atau sehari sebelum gawai dilakukan pada malam gawai akan dilaksanakan berbagai tradisi seperti bejandehbekana maupun kesenian adat lainnya sudah dimainkan di tiang sandung sebagai tanda bahwa gawai siap dimulai.

Diharapkan tradisi gotong royong dimasyarakat dayak iban sebaruk ini terus dipertahankan dan dilestarikan sehingga generasi yang akan datang semakin memahami arti indahnya hidup dalam kebersamaan.

Ruai tv –24 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.