Unjuk Rasa selamatkan Hak Pilih Warga

Puluhan dan massa yang tergabung dalam aliansi suara perbatasan pedalaman indonesia untuk demokrasi Berunjuk Rasa Di Kawasan Bundaran Tugu Digulis Untan Pontianak kamis pagi. Aksi ini untuk menyelamatkan Hak Pilih Warga Perbatasan Kalbar Pada Pemilu.

Dengan membawa berbagai spanduk berisi berbagai tuntutan puluhan massa yang tergabung dalam aliansi suara perbatasan dan pedalaman indonesia Untuk Demokrasi Aspirasi Berunjuk Rasa Di Kawasan Bundaran Tugu Digulis Untan Pontianak Kamis Pagi.

Ada empat tuntutan yang disuarakan dalam aksi damai ini salah satunya menuntut kebijakan khusus bagi masyarakat perbatasan yang belum Merekam KTP Elektronik dan belum miliki suket pasalnya hingga kini masih ada ratusan ribu Warga Kalbar Termasuk Di Perbatasan Yang Terancam Tidak Bisa Menggunakan Hal Pilih Pada Hari Pemungutan Suara Mendatang Karena Belum Merekam KTP Elektronik.

Terkait hal ini aspirasi mengusulkan agar ketika menyalurkan hak pilih pada pemilu masyarakat bisa menggunakan kartu Pengenal Lain Pengganti KTP-EL Menggunakan KTP Lama Atau Dengan Menggunakan Rekomendasi Kepala Desa.

Dalam aksi ini massa juga mendesak komnas ham mengusut Indikasi Pelanggaran Ham Terkait Hak Pilih Wni Dalam Pilkada Meminta Bawaslu Mengawasi Dan Mengawal Daftar Pemilih Tetap Secara Maksimal Dan Mendesak KPU Agar Penyelenggara Debat Cagub Dan Cawagub Menayangkan Debat Di Televisi Yang Bisa Menjangkau Seluruh Warga Kalbar.

Jika tuntutan ini tidak dipenuhi maka massa yang Tergabung Dalam Aspirasi Akan Melaporkan Penyelenggara Pemilu Kalbar ke dewan kehormatan penyelenggara Pemilu DKPP RI.

Ruai tv – 03 Mei 2018