Tradisi Malam Sya’benan Suku Madura Di Kalbar

oleh -207 views

Dalam Rangka Memperingati Malam Nisfu Sya’ban Yang Jatuh Pada Hari Senin 30 april 2018 Masyarakat Suku Madura Di Kalimantan Barat Menggelar Tradisi Malam Sya’benan.
Nah Saudara. Seperti tradisi tersebut? Berikut video kiriman jurnalis warga.

Saudara ini adalah video Kiriman Jurnalis Warga Abdul Hamid Terkait Tradisi Suku Madura Dalam Menyambut Malam Nisfu Sya’ban Setiap Tahun Di Kalimantan Barat.
Dalam Tradisi Orang Madura Malam Nisfu Sya’ban Tidak Hanya Dikenal Dengan Malam Pergantian Buku Catatan Amal Tetapi Juga Malam Untuk Ruwahan Atau Abe Rebbe Yakni Dengan Mengundang Para Tetangga Untuk Membaca Doa.

Biasanya Menjelang Malam Sya’ban Malam Ke Lima Belas Dalam Penanggalan Hijriyah Orang Madura Bergantian Dari Rumah Ke Rumah Membaca Doa Pemandangan Ini Lazim Dijumpai jika dalam suatu kampung terdapat banyak orang madura yang tinggal menetap di wilayah tersebut.

Tradisi ruwahan dari rumah-ke rumah Di Malam Nisfu Sya’ban memang tidak terlepas dari anjuran agama islam untuk bersedekah dan berdoa karena Pada Malam Tersebut Adalah Malam Terkabulnya Doa.

sedekah atau hidangan yang biasa disajikan dari rumah ke rumah tentu saja berbeda bergantung dengan kemampuan ekonomi tuan rumah adapun menu yang biasa dihidangkan seperti ayam masak kari rendang daging sapi hingga telur rebus masak kuah santan yang disajikan dengan nasi putih biasa.

Tidak ada makanan atau sesajian yang khusus Sebagaimana Dalam Tradisi Maulid Nabi
Tradisi Malam Sya’benan Selain Diperingati Dari Rumah Ke Rumah Juga Diperingati Di Masjid Maupun Mushola Dengan Membaca Surah Yasin Sebanyak Tiga Kali.

Tujuan pembacaan yasin sebanyak 3 kali dengan niat pertama semoga diberi umur panjang dan sehat kedua diberikan rezeki yang banyak dan barokah serta yang ketiga agar dikuatkan keimanannya.

Ruai tv – 03 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.