Nyangahatn Ritual Adat Naik Dango

Untuk mensyukuri atas hasil Panen Padi Yang Diperoleh Masyarakat Sub Suku Dayak Kanayatn Mengelar Tradisi Adat Naik Dango. Adapun tujuan Dioadakan Kegiatan Tersebut Adalah Untuk Meminta Berkat Kepada Nenek Moyang Terdahulu Dan Jubata Atau Tuhan Berikut Video Kiriman Jurnalis Warga.

Saudara Seperti Padi Di Inilah Ritual Nyangahatn Dusun Ubah Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak.
Adapun alat peraga dalam ritual nyangahtn ini yaitu Tumpi Putih Poe Atau Pulut Yang Dimasak Didalam Bambu Kecil Telur Bontokng Atau Pulut Yang Dimasak Dengan Cara Dibungkus Menggunakan Daun Layakng Atau Daun Tipis Ayam Rebus Dan Darah Ayam.
Nyangahatn ini dilakukan ditempat penyimpanan padi hasil panen berladang.

Adapun tujuan dilakukannya ritual nyangahatn ini untuk meminta berkat kepada nenek moyang terdahulu dan jubata atau tuhan agar hasil padi dapat mendapatkan keberkatan baik terhadap orang yang menanamnyamaupun orang yang memakan hasil bertani tersebut serta dapat menghasilkan tanaman padi yang lebih bagus dan lebih berlimpah lagi yang akan didapatkan pada masa berladang selanjutnya.
Udit Menambahkan Kedepan Ritual Nyangahtn Padi Ini Harus Dapat Dilestarikan Oleh Masyarakat Dayak Kanayatn.

Sesudah Ritual Nyangahatn Ini Di Lakukan Selanjutnya Orang Yang Memiliki Gawai Atau Tuan Rumah Mengadakan Acara Jamuan Seperti Makan-Makan Atau Menghidangkan Kue-Kue Tradisional Khas Dayak Kanayatn Lainya Untuk Tetangga Atau Sanak Saudara Yang Datang Dirumah Mereka.
Acara seperti ini rutin dilakukan setiap tahun setelah habis masa panen padi.

Home Gadget


.:RuaiTVPontianak:. Ruai tv – 03 Mei 2018