Arsip

Warga Dusun Kapuas bersihkan makam jelang Ramadhan 1439 H

Advertisement

Warga Dusun Kapuas, Desa Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau, melakukan gotong royong membersihkan bataran sungai kapuas dan Pemakaman Islam Jum’at Pagi, (4/5).

gotong-royong tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut bulan Suci ramadhan 1439 Hijiriah, Tahun 2018.

Kepala Dusun Kapuas Yudhi, menuturkan, Bahwa Gotong Royong Ini merupakan rutinitas warga setiap menyambut bulan suci Ramadhan, mengingat masyarakat dusun kapuas dan warga dari daerah lainnya pada saat memasuki bulan puasa bebondong-bondong berziarah Ke Pemakaman sanaak saudaranya yang telah meninggal dunia.

Advertisement

“Jadi kebersihan kuburan merupakan kebersihan ke 2, setelah surau dan masjid, karena kuburan merupakan tempat kita terakhir agar tidak kelihatan kumuh lanjutnya”.

Sementara itu Tokoh masyarakat kampung longkam, Abdullah mengatakan bulan puasa tinggal menghitung hari lagi, untuk itu ia mengajak seluruh umat muslim untuk membersihkan diri, termasuk membersihkan tempat-tempat ibadah seperti Surau-Surau dan tak kecuali kuburan menginggat banyak orang yang berdatangan, jadi tidak enak kalau kuburan kelihatan kumuh” Jelasnya.

Ratusan warga berbondong-bondong turut serta dalam kegiatan gotong royong, selain mengunakan Sabit, Cangkul, Sekop, Mesin pembabat rumput dan ada yang membuat pintu gerbang dan memasang Lampu hiasan.

Warga berharap Kegiatan Seperti ini terus dilakukan setiap menyambut bulan suci Ramadhan , Terutama masyarakat yang memiliki sanak keluarga agar bisa melakukan pembersihan minimal dikuburan kelurganya atau sanak saudranya “harapan salah satu warga longkam Dedi belatok yang lagi Bersih-bersih Kuburan yang ada dikampong longkam.

Ada pun RT (Rukun Tetangga) dusun Kapuas yang terlibat dalam gontong-royong ini diantaranya; RT. 08 (Abdurazak), RT. 26 ( Ramli), RT. 09 (Diman), RT. 30 (Ibon), RT. 10 (Kasim), RT. 11 (Pangku), dan RW. 04 (Rustaman), RW. 08( Gunawan).

Warga berharap di Bulan Suci Ramadhan tahun 2018 ini, diberikan keberkahn dari Allah S.W.T.

Reporter : Tarjan Sofian

Gambar : Warga dusun Kapuas, Desa Sungai Ringin, Kab. Sekadau, Bersihkann Pemakaman dan tempat Ibadah Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Jum’at Pagi, (4/5).

Advertisement