Arsip

Kapolri: 70% masalah pemilu bersumber dari penyelenggara

Advertisement

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian Menyebut 70 Persen Permasalahan Dalam Pelaksanaan Pilkada Bersumber Dari Penyelanggara Pemilu Itu Sendiri.

hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja bersama panglima TNI Marsekal TNI Hadi TjahJanto, di Pontianak Kalimantan Barat, Kamis, 26 April 2018 Kemarin.

Jenderal Polisi Tito Karnavian Menyebutkan, Kelemahan Dan Permasalahan Pilkada 70 Persen Berasal Dari Penyelanggara Pilkada Itu Sendiri, Terutama Yang Berada di Tingkat Bawah.

Advertisement

Selain Jumlahnya Yang Sangat Banyak, Posisinya Yang Tidak Permanen Dalam Lembaga KPU (Komisi Pemilihan Umum) Maupun PANWASLU (Panitia Pengawas Pemilu) Juga Menjadi Alasan Oknum Tersebut Bisa Memanfaatkan Kesempatan Untuk Melanggar Aturan Demi Keuntungan Pribadi. “Dari Temuan Beberapa Penelitian Tujuh Puluh Persen Permasalahan Kelemahan Dalam Pelaksanaan Pilkada Berasal Dari Penyelanggara, Mungkin Pleaning Cara Mempleaning Kurang Pas, Disamping Itu Juga Masalah Netralitas”. Tuturnya.

Lihat juga: KPU kalbar tetapkan daftar pemilih DPT

Jendral bintang Empat ini juga menambahkan, Perlu Ada Langkah Secara Sistematis Yang Dibuat Oleh TNI POLRI, PEMDA, KPU dan BAWASLU Untuk Duduk Bersama Membuat Komitmen Agar Netralitas Tetap Terjaga, Sehingga Bisa Menciptakan Pesta Demokrasi Yang Aman Serta Mampu Melahirkan Kepala Daerah Yang Benar-Benar Memperhatikan Mayarakatnya, Tidak Hanya Memperkaya Diri Sendiri Dan Sekelompok Orang Saja tuturnya.

Reporter :Agustiandi
Gambar : Agustiandi: Kunjungan Kerja Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian Ke Kalimantan Barat Kamis Sore (26/4)

Advertisement